11 Pasangan Nikah Bareng Sambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 75

11 Pasangan Nikah Bareng Sambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 75

Rabu, 12 Agustus 2020 10:28 WIB | 6.662 Views
Sebanyak 11 pasang pengantin melangsungkan pernikahan unik bertajuk Nikah Bareng Merah Putih yang difasilitasi Forum Taaruf Indonesia (Fortais) di kawasan Pantai Cemara Sewu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam rangka menyambut Dirgahayu Ke-75 Republik Indonesia.

"Nikah Bareng Merah Putih bertema Bersatu Merajut Kasih, Berjuang di Tengah Pandemi untuk Indonesia Maju ini bertepatan dengan momentum Dirgahayu Indonesia ke-75 dan HUT Fortais ke-9," kata Ketua Golek Garwo Fortais Sewon Bantul dan Nikah Bareng Nasional Ryan Budi Nuryanto disela acara di Bantul, Rabu.

Menurut dia, dengan pernikahan ini dapat menciptakan keluarga baru yang berkarakter Indonesia yang berjiwa nasionalis dan sakinah dalam adaptasi kebiasaan baru (AKB), apalagi sebelumnya para calon pengantin sudah mengikuti pembekalan dengan materi Bela Negara.

"Sehingga pernikahan kali ini membawa misi sosial, religi, budaya, pariwisata dan kebangsaan. Dan momentum ini merupakan pernikahan pasangan ke-8.375 untuk Dirgahayu Indonesia ke-75 dan HUT Fortais ke-9 di Pernikahan Bareng ke-55 Tahun 2020," katanya.

Dia mengatakan, nikah bareng 11 pasangan pengantin dengan menerapkan protokol kesehatan yang dipandu PMI Bantul dan dirias dengan konsep pengantin Nusantara dan internasional ini diawali dengan prosesi doa bersama untuk para petugas penyelamat dan korban kecelakaan laut Pantai Goa Cemara, beberapa hari lalu.

Selanjutnya para calon pengantin melakukan sesi foto prewedding bersama para pengiring dan keluarga berkostum tematik, sebagai bentuk semangat dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia sekaligus mengampanyekan destinasi wisata pantai selatan dan gumuk pasir Bantul.

"Selanjutnya dengan kereta dan gerobag milenial juga mobil melakukan kirab sesuai protokol kesehatan menuju KUA Kretek berjarak kurang lebih lima KM, di KUA Kretek sesuai protokol kesehatan mereka dicek Tim PMI Bantul dengan iringan lagu Indonesia Pusaka menuju pelaminan tempat ijab," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul H. Aidi Johansyah yang ikut menjadi saksi nikah bareng memberikan selamat untuk para calon pengantin Nikah Bareng di KUA Kretek dan sebelumnya di Pantai Cemara Sewu Bantul dalam rangka 75 Tahun Kemerdekaan RI.

"Semoga peristiwa ini dapat memberi inspirasi bahwa pernikahan merupakan gerbang membangun keluarga yang kuat dalam rangka melahirkan generasi penerus yang berkualitas untuk menjaga nilai-nilai kemerdekaan itu sendiri," katanya

Nikah Bareng Merah Putih juga dihadiri Bupati Bantul Suharsono sekaligus menjadi saksi nikah bersama Kepala Kemenag Bantul, dan Ketua PMI Bantul dan perwakilan dari Kodim dan Polres serta Muspika Kretek, serta pengiring berkostum Tokoh Super Hero Gatutkaca dan Transformer jadi saksi pernikahan.

"Dengan pelibatan tokoh super ini diharapkan sebagai spirit kekuatan melewati masa pandemi dengan adaptasi kebiasaan baru melawan COVID-19, selain itu tempat prosesi nikah yang unik di kereta dan Gerobag Milenial di halaman KUA Kretek ini menjadi yang pertama di Indonesia bahkan dunia," sambung Ryan.
 Nikah Bareng Merah Putih di KUA Kretek Bantul dihadiri Bupati Bantul Suharsono sebagai saksi nikah. Nikah unik ini diadakan dalam rangka menyambut Dirgahayu Republik Indonesia ke-75. (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Sebanyak 11 pasang pengantin itu adalah Dandi Yuda Arnada (27) dengan Tri Wulan Sari (24), Nugroho Susanto (34) dengan Siti Sarijah (40), Eko Budiantoro (34) dengan Nurmawati (33), Deni Pangestu (21) dengan Aidha Fikriyah (21), Saifudin (28) dengan Lia Duwi Setiyarini (24), dan Bogiyanto (52) dengan Sri Mujilestari (29).

Selanjutnya Garjito (47) dengan Endang Tri Purnomowati (42), Viki Yolanda Hermawan (22) dengan Eka Rosyidah (26), Suprapto (55) dengan Mujiyem (52), dan Muhammad Iqbal (28) dengan Nasya Evangelista Rahman (20), serta Richo Oki Praditia (24) dengan Eni Ari Nuryani (32).




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya