Alasan Kenapa Lamaranmu Harus Disembunyikan, Berikut Penjelasannya

Alasan Kenapa Lamaranmu Harus Disembunyikan, Berikut Penjelasannya

Rabu, 18 Januari 2023 13:18 WIB | 14.816 Views
Lamaran merupakan sebuah rangkaian acara penting dari acara menuju pernikahan, walapun sebenarnya acara lamaran juga boleh dilewatkan dengan langsung menikah. Namun, saat ini acara lamaran seperti sebuah acara yang impian sehingga banyak juga yang tetap melaksanakan di kalangan anak muda yang akan menikah.
 
Menurut Islam untuk acara lamaran, disarankan untuk menyembunyikannya. Mengapa begitu?
 
Dalam hal ini, Rasulullah shallalllahu alaihi wa sallam mengisyaratkan untuk menyembunyikan acara lamaran, yaitu :
 

اِسْتَعِينُوا عَلَى إِنْجَاحِ الحَوَائِجِ بِالكِتْمَان فَإِنَّ كُلَّ ذِي نِعْمَةٍ مَحْسُود


“Gunakan cara rahasia Ketika ingin mewujudkan rencana. Karena setiap pemilik nikamat, ada peluang hasadnya.” (H.R. Thabrani)

 
Dalam Syarhnya, al-Kharsyi ulama Malikiyah juga menyatakan;

“Untuk lamaran, dianjurkan agar dirahasiakan, seperti khitan. Lamaran dianjurkan dirahasiakan, menghindari adanya orang yang hasad, sehingga berusaha untuk merusak hubungan antara pihak lelaki dengan keluarga wanita yang dipinang.” (Syarh Mukhtashar Khalil al-Kharsyi, 3/167).

Dalam hadist diatas, bahwa mengumumkan acara lamaran sangat dianjurkan untuk tidak terang-terangan. Karena, pada dasarnya sebuah rencana baik pasti ada saja orang yang tidak menyukainya (hasad). Jadi, sebaiknya untuk acara lamaran ini hanya diketahui oleh pihak keluarga saja dan tidak disebar luaskan. Hal ini juga agar sang calon mempelai dan keluarga terhindar dari ha-hal yang buruk yang tidak diinginkan.

Dalam hadis dari Zubair bin Awam radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallalllahu alaihi wa sallam bersabda,
 

أَعْلِنُوا النِّكَاحَ


“Umumkanlah nikah.” (HR. Ahmad 16130, lbnu Hibban 4066 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Berbeda dengan acara lamaran, dalam islam jika ada acara menikah justru disarankan untuk mengumumkan secara terang-terangan. Dalam hal ini, agar pernikahan dihadiri banyak orang dan bisa mendapatkan sebuah keberkahan dari banyak orang menghadiri acara pernikahan.




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya