Berikut Beberapa Larangan Calon Pengantin Selama 15 Hari Sebelum Menikah Menurut Primbon Jawa

Berikut Beberapa Larangan Calon Pengantin Selama 15 Hari Sebelum Menikah Menurut Primbon Jawa

Rabu, 21 September 2022 14:06 WIB | 18.724 Views
Sumber : @mawarawedding/tiktok.com


Pernikahan merupakan acara yang sakral, biasanya dalam pernikahan ada beberapa kepercayaan yang harus dipatuhi sebagai adat turun temurun dan sebuah keyakinan. Salah satu kepercayaan menuju pernikahan ada di adat Jawa, dimana ada hal-hal yang harus dihindari oleh calon pengantin.

Berikut merupakan larangan untuk calon pengantin dalam primbon Jawa :

1. Larangan berkendara jauh

Disini calon pengantin dilarang melakukan perjalanan jauh maupun itu merupakan suatu hal mendesak. Hal ini dikarenakan, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dalam perjalanan menuju pernikahan.
 
2. Calon pengantin tidak boleh berenang

Tentunya larangan ini diadakan karena ditakutkan adanya kecelakaan seperti tenggelam kepada calon pengantin agar auranya tidak mengundang hal-hal negatif.
 
3. Calon pengantin tidak boleh bertemu pasangan

Larangan ini biasanya disebut pingitan, dimana calon pengantin pria dan calon pengantin wanita dilarang bertemu terlebih dahulu, sebelum hari H pernikahan. Menurut kepercayaan dengan hal ini dapat menjaga aura kecantikan dan nantinya dalam berumah tangga tidak cepat bosan.

4. Adanya larangan mendaki gunung

Menurut kepercayaan gunung merupakan sebuah tempat dimana adanya hal gaib, sehingga dikhawatirkan calon pengantin terjerumus oleh sosok gaib tersebut.

5. Tidak boleh membunuh binatang

Dalam hal ini, calon pengantin tidak boleh membunuh hewan apapun terutama binatang buas yang dapat melukai atau kena ibas hewan tersebut kepada calon pengantin.
 
Menurut kepercayaan adat Jawa, hal-hal diatas merupakan larangan yang diterapkan agar calon pengantin terhindar dari berbagai hal-hal yang tidak diinginkan sebelum menjelang pernikahan agar pernikahan bisa berjalan lancar.
 




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya