4 hal penting yang harus kamu siapkan sebelum menikah!

4 hal penting yang harus kamu siapkan sebelum menikah!

Selasa, 27 April 2021 09:08 WIB | 132 Views
Untuk menjalin hubungan yang baik dan positif, tentu dimulai dari diri pribadi dan baiknya disiapkan sejak sebelum melangsungkan pernikahan. Selain persiapan-persiapan fisik seperti dekorasi, gedung, dan gaun, kamu perlu untuk mempersiapkan beberapa hal penting yang menyangkut dengan diri kamu sebelum memutuskan untuk menikah. Apa saja yang perlu kamu ketahui ? simak tulisan ini sampai habis ya.
 
  1. Kesiapan mental


Setelah menikah artinya kamu mengemban peran dan tugas baru. Yakni sebgai seorang suami atau istri. Untuk menghadapi hal tersebut, mental yang baik menjadi salah satu syarat utama menjalin hubungan positif antara suami dan istri.

Berbeda dengan sebelum menikah, Jika sebelumnya kamu hanya memikirkan kehidupan pribadi saja, setelah menikah kamu harus menjalaninya bersama pasanganmu, bertukar pendapat, bahkan merencanakan segala sesuatu bersama-sama. Termasuk dalam keadaan ketika kamu menemui perbedaan pendapat dan pandangan diantara kamu dan pasanganmu.

Belajar memanage emosi dan membuka diri terhadap pandangan orang lain menjadi salah satu contoh untuk meningkatkan kualitas mental kamu.

2. Kesiapan fisik


Selain kesiapan mental, kesiapan secara fisik perlu kamu perhatikan. Selain untuk bekerja mencari nafkah, kamu dan pasanganmu mungkin harus mengurusi pekerjaan rumah.

Selain itu, ketika kamu baru memiliki anak maka kamu perlu kesiapan fisik yang baik untuk mengurusi anak yang perlu perhatian ekstra bersama pasangamu.

Menerapkan kebiasaan berolahraga setiap hari, mengatur pola makan yang sehat, dan kebutuhan istirahat yang tercukupi baik untuk kamu lakukan sejak sekarang.

3. Kesiapan finansial


Mungkin kamu sudah tahu mengenai kesiapan secara finansial perlu kamu perhatikan sebelum menikah. Untuk menjalankan kehidupan berumah tangga layaknya manusia biasa seperti terpenuhinya kebutuhan primer sandang, pangan, dan papan yang diprioritaskan. Kamu perlu kesiapan finansial yang baik atau stabil. Belum lagi ketika kamu menginginkan kebutuhan sekunder seperti liburan, berbelanja hal yang disukai, dan sebagainya.

Jika finansial dirasa sudah cukup pun kamu mesti mampu memanage keuangan tersebut dengan baik agar pembagian terhadap kebutuhan primer dan sekunder tidak timpang dan salah.

4. Keterampilan  hidup


Keterampilan hidup yang mendasar seperti membereskan rumah, memasak, mengurusi anak, keterampilan mengatur keuangan, keterampilan mengatur waktu, memperhatikan hal prioritas, dan sebagainya dibutuhkan untuk membangun hubungan yang seimbang dan positif. 




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya