8 Prosesi Pernikahan Adat Suku Jawa Salah Satunya Ada Di Pernikahan Kaesang Loh!

8 Prosesi Pernikahan Adat Suku Jawa Salah Satunya Ada Di Pernikahan Kaesang Loh!

Jum'at, 21 Juli 2023 13:46 WIB | 1.204 Views

  Pernikahan memang menjadi momen yang paling dinantikan setiap orang. Ada berbagai macam adat pernikahan di indonesia salah satunya adalah adat suku jawa.

         Kali ini kami akan membagikan proses adat pernikahan yang biasa dilakukan oleh suku jawa:

 

1. Waosan, Samaan atau Pengajian

        Proses pengajian ini biasa dilakukan oleh orang yang beragama islam untuk meminta do’a agar upacara pernikahannya berjalan dengan lancar. Dalam proses ini juga calon pengantin meminta doa restu dari kedua orangtuanya.  

 

2. Pasang Tarub

        Pasang tarub (tratag), atau peneduh halaman rumah adalah sebuah hiasan yang dipasang di sisi kanan atau kiri rumah calon pengantin atau tenda tempat acara pernikahan berlangsung. 

 

3. Serah-serahan (Srah-srahan)

         Serah-serahan biasanya dilakukan oleh pihak pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Umumnya dapat berupa perhiasan, pakaian, peralatan rumah tangga, hewan ternak atau berupa uang.

 

        Srah-srahan bertujuan untuk membantu persiapan acara pernikahan, Biasanya juga barang yang memiliki makna filosofi ditunjukkan sebagai pengharapan kepada yang maha kuasa. 

4. Siraman

        Siraman memiliki makna sebagai penyucian fisik (Jasad) dan spiritual batin (Ruhani) dari masing-masing calon mempelai. Siraman harus dilakukan oleh orang tua dari calon mempelai atau orang yang dituakan dalam keluarga masing-masing.

 

        Lalu di lanjut ke sanak kerabat, perias pengantin dan masing masing sesepuh hingga tujuh sepuh diatasnya. Siraman dilakukan sebanyak tiga kali menggunakan gayung dari tempurung kelapa.
 

5. Midodareni

        Midodareni biasa di sebut dengan malam pengarip-aripan atau malam terakhir bagi calon pengantin melepas masa lajang. Dalam acara midodareni biasanya pihak mempelai pria beserta keluarga menyambangi keluarga mempelai wanita untuk menyerahkan serah-serahan.

 

6. Ijab Kabul

         Ijab kabul adalah akad nikah pengesahan seorang pria dengan wanita menjadi suami istri yang sah. 

 

       Ijab kabul dilakukan di hadapan penghulu, wali, saksi, dan diperlihatkan kepada masyarakat luas agar kelak tidak terjadi fitnah atas perilaku yang diperbuat oleh keduanya.

 

7. Pamitan atau Sungkeman

        Pamitan adalah proses meminta doa dan restu kepada orang tua untuk mulai menjalani kehidupan yang baru bersama pasangan. 

 

       Hal ini dilakukan sambil jongkok di hadapan orang tua seperti orang menyembah menyentuh lutut orang tua. Biasanya dilakukan setelah akad nikah berlangsung.

 

8. Ngunduh Mantu

       Ngunduh Mantu merupakan proses penyambutan pengantin wanita sebagai anggota keluarga baru dalam keluarga mempelai pria. Acara ini merupakan acara lanjutan dari proses pernikahan adat suku jawa.

 

Berikut adalah beberapa proses pergelaran nikah adat suku jawa. 

Baca juga artikel menarik dari blog webnikah.com untuk mendapatkan info menarik seputar pernikahan.

 

 

 

 





Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya