Anjuran Menikah Oleh Rasulullah SAW, Terutama Untuk Para Pemuda

Anjuran Menikah Oleh Rasulullah SAW, Terutama Untuk Para Pemuda

Jum'at, 16 Desember 2022 14:54 WIB | 1.821 Views

Pada peradaban zaman saat ini banyak sekali pergaulan bebas yang terjadi. Hal, ini bisa saja terjadi karena gaya hidup manusia yang sudah mengikuti kearah barat-baratan, dan juga banyak dampak negative yang ada, serta banyaknya media perantara informasi yang semakin canggih. Walapun begitu, kamu diharapkan bisa mengelola informasi dengan bijak dan memanfaatkan hal positif dengan hal-hal berguna.

Dalam masa ini, para pemudalah yang banyak  mengenal teknologi saat ini dan dikhawatirkan ikut terjerumus dengan hal yang tidak baik seperti pornografi, seks bebas, tidak bisa menjaga pandangan aurat yang tidak seharusnya dilihat, gaya hidup tidak baik dan lainnya.

Untuk mengatasi hal yang tidak baik kepada para pemuda (Baligh), bahkan Rasulullah SAW pun sudah memberikan sebuah hadist khusus untuk para pemuda untuk segera menikah agar bisa menjaga kesucian diri.

Rasulullah SAW bersada, yang artinya :
 

“ Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah. Karena sesungguhnya nikah itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa. Karena sesungguhnya puasa itu dapat membentengi dirinya.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan lainnya)

Dalam hadist diatas tersebut, bahwa seseorang yang sudah memiliki kemampuan menikah, sangat dianjurkan untuk segera menikah. Dalam hal ini dianjurkan agar seseorang tersebut, terhindar dari fitnah syahwat terhadap lawan jenisnya dan bisa menjaga kesucian dirinya dengan baik. Namun, jika menikah belum sanggup kita lakukan, jadi kita bisa dengan menjaga sahwat diri dengan berpuasa.
Karena pernikahan itu sendiri merupakan sebuah karunia Allah SWT, yang diberikan untuk memberikan kenikmatan yang halal kepada umat-Nya dan merupakan sebuah bentuk ibadah terpanjang. Dengan pernikahan bisa membuat ketenangan hati, jiwa dan menjaga kehormatan diri dihadapan Allah SWT.





Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya