Berapakah Sebaik-Baiknya Mahar Yang Diberikan Kepada Mempelai Wanita?

Berapakah Sebaik-Baiknya Mahar Yang Diberikan Kepada Mempelai Wanita?

Rabu, 07 Desember 2022 14:10 WIB | 1.488 Views
Pernikahan merupakan sebuah acara penyatuan dua insan yang tadinya haram menjadi halal. Dalam islam melaksanakan pernikahan  itu sendiri ada banyak hal yang harus dipenuhi, seperti salah satunya mahar. Dimana mahar merupakan syarat wajib dalam pernikahan.
 
Mahar adalah bentuk tanda terimakasih calon suami kepada calon istri karena bersedia dinikahi. Mahar sendiri menjadi 2 jenis yaitu mahar musamma dan mahar mitsil.
 
Mahar Musamma adalah mahar yang di berikan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak calon pengantin dan ditangguhkan atas persetujuan calon istri serta nantinya disebutkan dalam akad nikah. Sedangkan mahar mitsil adalah mahar yang tidak disebutkan dalam acara akad, biasanya mahar ini di berikan seperti mahar yang pernah di berikan kepada keluarga calon istri seperti adik atau kakanya yang sudah menikah.
 
Bentuk mahar bisa berupa Uang tunai, emas, seperangkat alat sholat, Al-Qur’an, rumah, tanah dan lainnya. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kesanggupan dari pihak laki-laki dan persetujuan kedua belah pihak.
 
Menurut agama islam pun jumlah dan bentuk mahar tidak ditetapkan, namun mahar ditentukan sesuai kesanggupan atau berdasarkan ketentuan ataupun tradisi masing-masing. Kemudian, yang paling penting mahar ditetapkan sesuai kesepakatan kedua belah pihak yang akan menikah. Begitupun dengan syariat islam menyebutkan bahwa mahar haruslah yang berguna dan bermanfaat tanpa melihat jumlahnya.




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya