Berikut 15 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menikah

Berikut 15 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menikah

Kamis, 21 September 2023 14:28 WIB | 1.119 Views
Pernikahan adalah sebuah upacara pengikatan janji untuk menikah yang dilakukan oleh pasangan untuk meresmikannya dalam ikatan perkawinan. Pernikahan dilakukan menurut norma agama, norma hukum, dan juga norma sosial yang berlaku. Adapun juga yang dalam pelaksanaannya, pernikahan memiliki beragam variasi sesuai dengan tradisi suku, agama, budaya, dan kelas sosial.
 

Pernikahan juga merupakan suatu momen spesial yang dirasakan oleh sepasang kekasih beserta keluarga besar dan teman-teman yang menyaksikan. Karena momen ini sakral maka harus dipersiapkan secara matang agar proses pernikahan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Persiapan tersebut juga harus disepakati oleh kedua pasangan, karena merekalah yang akan menjalani proses pernikahan tersebut. Ada beberapa persiapan pernikahan yang harus pasangan siapkan sebelum menikah, berikut ini persiapan pernikahan yang bisa kalian siapkan.

1. Persiapan Mental

Yang paling utama dalam persiapan pernikahan adalah persiapan mental. Calon pengantin antara pria dan wanita harus memiliki kesiapan mental jika ingin melakukan pernikahan. Persiapan mental untuk menghadapi hidup yang baru, menjalani suka dan duka hidup berdua dengan pasangan kalian, dan merasakan hal-hal lain yang belum pernah kalian rasakan berdua.

2. Persiapan Finansial

Selain mental, finansial pun juga harus dipersiapkan. Ketika ingin menikah tentu ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam acara pernikahan, ini menjadi hal yang penting untuk menikah. Sebelum akan serius menikah, alangkah baiknya untuk memiliki finansial yang stabil, kita harus punya pekerjaan tetap agar bisa menafkahi keluarga dengan aman. 

3. Restu dari Keluarga

Pernikahan tidak hanya menikahkan antara sepasang kekasih pria dan wanita saja. Melainkan pernikahan juga artinya mempersatukan dua keluarga, maka harus dilandasi oleh restu dari keluarga dari kedua belah pihak juga, khususnya restu dari orang tua.

4. Menentukan Jadwal Pernikahan

Agenda yang penting dalam pernikahan salah satunya adalah jadwalnya itu sendiri. Kalian harus menentukan jadwal pernikahan yang diusahakan tidak mepet dengan tanggal ketika kalian merencanakannya. Adanya rentang waktu tersebut bisa kalian gunakan untuk mempersiapkan hal-hal lainnya sampai benar-benar matang menjelang hari pernikahan.

5. Mengikuti Bimbingan Pranikah

Persiapan lainnya dalam pernikahan adalah dengan mengikuti bimbingan pranikah. Bimbingan pranikah ini akan sangat berguna untuk calon pengantin agar bisa memahami seluk beluk pernikahan lebih baik lagi. Bimbingan pranikah biasanya dilaksanakan selama dua hari dengan waktu yang ditentukan oleh pihak KUA setelah pasangan mendaftarkan diri untuk bimbingan pranikah.

6. Melakukan Tes Kesehatan

Sebelum melakukan pernikahan perlu melakukan tes kesehatan, pasangan dianjurkan melakukan tes kesehatan jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung. Dalam melakukan tes kesehatan biasanya dilakukan beberapa tes meliputi, tes golongan darah dan rhesusnya, TORCH, tingkat gula darah, USG Ginekologi, dan penyakit menular.

7. Menentukan Budget Pernikahan

Budget adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan pada awal rencana ingin mempersiapkan pernikahan, calon pengantin harus berunding perihal budget pernikahan untuk konsep yang akan mereka gunakan agar sesuai dengan budget dan keinginan mempelai.

8. Menentukan Konsep Pernikahan

Selanjutnya adalah konsep pernikahan, yang bisa dipilih oleh pasangan dan bisa juga dicampuri oleh keluarga mempelai yang biasanya mengusulkan adanya konsep adat pada pernikahan mereka.Tentukanlah konsep dasar dari acara pernikahan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan detail keseluruhan konsep yang diinginkan.

9. Menggunakan Jasa Wedding Organizer

Pasangan bisa menggunakan jasa wedding organizer dalam mewujudkan konsep pernikahan yang sudah kalian tentukan. Jasa wedding organizer bisa menyesuaikan hal-hal yang dibutuhkan dalam acara pernikahan seperti MC, musik, katering, tempat, dekorasi, dan paket lain yang disediakan oleh jasa wedding organizer.

10. Menentukan Catering

Catering merupakan budget yang paling besar dikeluarkan dalam acara pernikahan. Catering juga sangat berpengaruh dengan tamu undangan. Kamu harus melihat berapa jumlah tamu yang datang sebelum menentukan catering. Kamu bisa mengira-ngira dari jumlah undangan yang kamu sebar untuk tamu undangan. Hal ini dilakukan agar dalam acara pernikahan kamu tidak terjadi kekurangan makanan.

11. Menentukan Tempat Pernikahan

Ketika sudah memiliki konsep pernikahan, cara mewujudkannya adalah dengan menentukan tempat yang ingin kamu pilih untuk acara pernikahan. Tempat pernikahan yang biasa digunakan adalah gedung atau hotel. Memilih gedung pernikahan juga berdasarkan budget yang dimiliki dan kalian harus memiliki rencana tempat yang lain sebagai antisipasi jika tempat sebelumnya sudah penuh. 

12. Menentukan Dekorasi

Jika tempat pernikahan sudah ditentukan maka selanjutnya adalah mendekorasi tempat pernikahan sesuai dengan konsep yang kamu miliki. Hal ini bisa juga diserahkan pada jasa wedding organizer dengan memasang konsep dan dekorasi yang dipasang di tempat pernikahan kalian.

13. Baju Pengantin

Baju pengantin juga tidak kalah penting karena baju pengantin adalah hal yang paling dilihat oleh para tamu undangan. Baju pengantin yang dikenakan juga harus sesuai dengan konsep. Jika kamu pusing dengan harga pengantin yang mahal jika membuatnya maka kamu bisa saja menyewa baju pengantin.

14. Undangan Pernikahan

Hal penting lainnya adalah undangan pernikahan. Undangan pernikahan harus memiliki desain yang sesuai dengan konsep pernikahan yang telah dibuat. Kamu bisa membuat undangan pernikahan dengan secara digital dan secara fisik seperti undangan pada umumnya.

 

15. Cinderamata Pernikahan (Souvenir)

Cinderamata juga hal yang penting untuk dipikirkan karena cinderamata bisa menjadi kenang-kenangan yang kamu berikan kepada para tamu undangan. Kamu bisa memilih cinderamata pernikahan sesuai dengan konsep pernikahan agar semuanya terlihat serasi. Jika semua serasi maka akan terlihat bahwa acara pernikahanmu ini telah memiliki struktur yang baik.




Sumber : www.gramedia.com
 




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya