Berikut Beberapa Adab Malam Pertama Pengantin Baru Menurut Islam

Berikut Beberapa Adab Malam Pertama Pengantin Baru Menurut Islam

Kamis, 01 Februari 2024 11:30 WIB | 1.394 Views
Setelah menjalani akad dan resepsi pernikahan, suami istri dianggap sah dan halal menurut ajaran Islam. Saat malam pertama, pasangan dapat menjalankan hubungan seksual atau jimak. Penting untuk memahami adab-adab yang dianjurkan dalam Islam untuk menjadikan malam pertama penuh pahala dan keberkahan sebagai pasangan suami-istri.

Berikut beberapa adab saat malam pertama menurut ajaran Islam yang dapat diikuti, seperti yang disampaikan dalam buku "Menjadi Suami dan Ayah Hebat" karya Haikal Hassan Baras:

1. Memberi Salam Sebelum Masuk ke Dalam Kamar:

Rasulullah SAW menekankan pentingnya memberi salam sebelum memulai hubungan intim. Hal ini tercermin dalam sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan salam kepada istrinya sebelum menjalani hubungan suami-istri.

2. Bersiwak:

Rasulullah SAW biasa memulai dengan bersiwak ketika masuk ke rumahnya. Ini mencerminkan kebersihan dan kesucian yang dianjurkan dalam Islam.

3. Melakukan Sholat Sunnah Bersama Istri:

Para sahabat Rasulullah menyarankan untuk melibatkan elemen spiritual dengan melakukan sholat sunnah bersama-sama sebelum berjimak.

4. Bersikap Lembut Kepada Istri:

 Sikap lembut dan penuh perhatian kepada istri sangat ditekankan. Rasulullah SAW sendiri menunjukkan kelembutan dalam hubungan suami-istri.

5. Melakukan Pemanasan Sebelum Berjimak:

Sebelum memulai hubungan intim, disarankan untuk melakukan pemanasan agar istri merasa nyaman dan tidak takut. Rasulullah SAW menekankan pentingnya memberikan pendahuluan seperti ciuman dan cumbu rayu.

6. Berdoa Sebelum Berjimak:

Pasangan suami istri disarankan untuk berdoa sebelum menjalani hubungan intim. Doa ini dimaksudkan untuk meminta perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.
 
بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا
 
Latin: Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa.
 
Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami."
 
7. Membaca Doa Setelah Berhubungan Intim:

Setelah hubungan intim selesai, membaca doa syukur kepada Allah SWT merupakan adab yang dianjurkan.

 
بِسْمِ اللهِ الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصَهْرًا وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيْرًا
Latin: Bismillah. Alhamdulillâhilladzî khala minal mâ'i basyarâ, faja'lahû nasaban wa shahrâ, wa kâna rabbuka qadîrâ.
 
Artinya: "Dengan nama Allah, segala puji bagi-Nya yang telah menciptakan manusia dari air, lalu menjadikannya sebagai keturunan dan kekerabatan. Tuhanmu maha kuasa."
 
8. Tidak Membocorkan Rahasia Ranjang:

Dianjurkan untuk menjaga kerahasiaan hubungan suami-istri, dan tidak menyebarkan pengalaman malam pertama kepada orang lain.

Adab-adab tersebut membantu menciptakan hubungan suami-istri yang penuh rasa hormat, cinta, dan kesucian sesuai dengan ajaran Islam. Penting juga untuk tidak membocorkan rahasia ranjang sebagai bentuk menjaga privasi dan keintiman pasangan. Semoga adab-adab ini memberikan panduan yang baik bagi pasangan yang baru menikah dalam menjalani kehidupan rumah tangga sesuai dengan ajaran Islam.
 

Untuk informasi lengkap mengenai undangan webnikah GRATIS kamu bisa kunjungi di website kami webnikah.com atau customer service di +62 821-2940-3139.

Kamu juga bisa join bisnis jual undangan di reseller.webnikah.com loh.





Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya