Keunikan Dari Busana Pernikahan Adat Jawa, Kenapa Berwarna Hitam? Berikut Alasannya

Keunikan Dari Busana Pernikahan Adat Jawa, Kenapa Berwarna Hitam? Berikut Alasannya

Rabu, 15 Maret 2023 14:02 WIB | 3.354 Views
Suku Jawa merupakan suku yang memiliki populasi terbanyak di Indonesia, sehingga tak sedikit pernikahan adat Jawa juga banyak pengantin yang menggunakannya.

Prosesi Pernikahan Adat Jawa Beserta Makna di Tiap Ritualnya, Bisa Jadi  Referensi | merdeka.com

Ragam budaya pernikahan di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Salah satunya ada di pernikahan adat Jawa yang memiliki keunikan busana pernikahan identik dengan warna hitam dari pernikahan umumnya yang menggunakan busana lebih cerah.

Masyarakat Jawa mempercayai busana pernikahan adat Jawa berwarna hitam itu sendiri memiliki makna yang mendalam yaitu sebagai lambang kebijaksanaan dan kesempurnaan. Sehingga pernikahan yang dijalani seorang pengantin jawa tersebut, diharapkan bisa mengarungi bahtera rumah tangga dengan penuh kebijaksaan dan kesempurnaan dalam menghadapi kehidupan sang suami istri tersebut.

7+ Nama Pakaian Adat Jawa dan Contoh, Gambar, Penjelasan

Pada umumnya busana pernikahan adat jawa ada yang menggunakan ukiran paes di dahi pengantin Wanita, sehingga pengantin tidak menggunakan hijab. Namun, tidak menuntut kemungkinan di zaman modern ini, adat Jawa ini juga bisa dipadupadankan dengan kain bantu atau hijab untuk menutupi aurat sang pengantin Wanita seperti halnya pada Paes Ageng Kanigaran dan pengantin 




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya