Makna Dari Kata Sakinah Mawaddah Dan Warahmah Dalam Pernikahan

Makna Dari Kata Sakinah Mawaddah Dan Warahmah Dalam Pernikahan

Jum'at, 31 Maret 2023 13:59 WIB | 1.180 Views
Pernikahan yang harmonis pasti keinginan semua pasangan dalam mengarungi rumah tangga. Maka dari itu perlunya Kerjasama yang baik diantara keduanya sangatlah penting untuk meredam ego masing-masing dan menciptakan kebahagian dalam rumah tangga.

Dalam acara pernikahan biasanya banyak tamu undangan yang mengucapkan kata “Semoga Sakinah, mawaddah warahmah ya”. Dalam ucapan tersebut, bukan hanya sekedar kata, namun makna yang terdapat dalam ucapan juga merupakan sebuah doa yang baik bagi para pasangan pengantin.

Maka dari itu, kamu harus tau apa maksud yang terkandung dari ucapan Sakinah, Mawaddah dan Warahmah itu sendiri.

Pertama, yaitu kata Sakinah memiliki arti damai atau kedamaian. Maksudnya dalam mengarungi bahtera rumah tangga nantinya pasangan bisa dianugerahkan rasa damai di antara keduanya yaitu suami dan istri. Sehingga bisa menghadapi segala masalah dengan lapang dada dan diselesaikan dengan cara yang damai.

Kedua, Mawaddah artinya cinta, dalam hal ini kata tersebut mendoakan agar sepasang kekasih yang menikah bisa memiliki rasa saling mencintai yang tulus serta saling berkomitmen satu sama lain dengan baik.

Terakhir, Warahmah memiliki arti belas kasih, sehingga dalam pernikahan semoga sepasang suami istri bisa saling mengasihi, saling peduli, melindungi dan saling memberikan dukungan moral satu sama lain.


Sumber : Berbagai media




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya