Mau Nikah, Ini Daftar Seserahan yang Harus Kamu Sediakan

Mau Nikah, Ini Daftar Seserahan yang Harus Kamu Sediakan

Kamis, 08 Oktober 2020 20:10 WIB | 5.064 Views

Bagi kamu yang sudah atau akan segera menikah, pasti tak asing lagi dengan istilah "seserahan". Seserahan bukan hanya sekadar ungkapan cinta saja, melainkan sebagai simbol tanggung jawab seorang pria untuk memenuhi segala kebutuhan istrinya kelak. Oleh karena itu, umumnya seserahan berisi barang-barang yang dibutuhkan calon pengantin wanita, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga alat-alat untuk mempercantik diri.

Sebenarnya, nggak ada barang wajib yang harus disiapkan untuk seserahan. Semuanya tergantung kebutuhan dan kesepakatan masing-masing pasangan. Namun, banyak juga yang rela mengeluarkan dana yang sangat besar untuk membeli barang-barang seserahan.

Nah, agar kamu tidak over budget saat mempersiapkan seserahan, buatlah kesepakatan terlebih dahulu dengan pasangan. Jangan sampai hanya karena gengsi, uangmu habis untuk persiapan pernikahan saja. Ingat, kebutuhan pasca menikah juga tak sedikit, lho!

Barang-barang Seserahan yang Harus Kamu Siapkan 
1. Perlengkapan ibadah 
Perlengkapan ibadah adalah simbol bahwa pernikahan kedua mempelai berpegang teguh pada nilai agama. Bagi pasangan muslim, seserahan ini sifatnya wajib. Biasanya baki seserahan akan berisi mukena, sajadah, tasbih, dan Al Quran. Bagi umat kristiani, seserahan biasanya berupa Alkitab atau rosario. 

2. Keperluan Mandi 
Merupakan simbol bahwa pria ingin istrinya selalu merawat diri dan menjaga kebersihannya. Seserahan ini biasanya berisi sampo, sabun, shower puff, skin care, parfum, dan handuk. Tidak semua barang harus kamu beli, cukup sediakan yang menjadi kebutuhan utama saja. Dengan begitu kamu dan pasangan bisa lebih berhemat. 

3. Alat make up 
Seserahan ini dimaksudkan agar wanita selalu menjaga penampilan di depan suaminya. Biasanya wanita sangat peduli dengan seserahan yang satu ini, jadi biarkan ia memilihnya sendiri. Selain item-nya lumayan banyak dan belum tentu dipahami pria, biasanya wanita memiliki preferensi khusus untuk setiap produk kosmetik yang ia gunakan. Daripada uangmu mubazir karena salah beli, lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan calon istrimu saja, bukan? 

4. Outfit 
Memberikan set busana wanita memiliki makna bahwa kedua calon mempelai harus menyimpan rahasia rumah tangga mereka dengan baik. Ada berbagai macam jenis setelan yang biasa diberi-kan oleh pria kepada wanita, seperti pakaian kerja, baju tidur, bahkan pakaian dalam. Selain pakaian, seserahan ini juga bisa berisi sepatu, jam tangan, serta tas. 

5. Perhiasan 
Seserahan dalam bentuk perhiasan ini harus dibedakan dengan mahar pernikahan. Makna dari pemberian perhiasan sendiri adalah agar sang calon mempelai wanita terlihat selalu cantik dan bersinar, serta penuh harapan saat menjalani hidup berdua denganmu. Kamu bisa memberikan anting, gelang, atau kalung. 





Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya