Tips Mempersiapkan Kehamilan Sebelum Menikah

Tips Mempersiapkan Kehamilan Sebelum Menikah

Sabtu, 20 Mei 2023 11:35 WIB | 1.202 Views
Sebagai calon pengantin biasanya banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan, seperti halnya mahar, undangan, dekorasi, catering, dan lain-lain. Selain persiapan dari luar, persiapan diri sendiri juga penting baik dari pihak mempelai pria maupun wanita, seperti halnya menjaga pola makan, mempersiapkan mental, istirahat yang cukup, bahkan persiapan untuk kehamilan juga perlu.

Jika ingin secepatnya mendapatkan momongan, persiapan kehamilan bisa kamu persiapkan sebelum menikah loh.
 
Berikut ini tips cek Kesehatan sebelum kehamilan terutama untuk sang calon mempelai wanita

1. Berat badan 

Selain menjaga berat badan untuk menunjang penampilan saat acara pernikahan berlangsung, ternyata menjaga berat badan dengan cara yang sehat juga bisa menunjang Kesehatan reproduksi, karena jika lemak dalam tubuh kekurangan ataupun berlebihan dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Menjaga berat badan yang ideal bisa dengan makan makanan yang sehat dan juga rajin berolahraga.
 
2. Lingkar lengan atas 

Pada umumnya lingkar lengan atas (LILA) dapat digunakan sebagai indikator apakah calon ibu beresiko mengalami masalah ataupun tidak. Biasanya LILA yang ideal itu diatas 23,5 cm, jika di bawah angka tersebut dapat dipastikan calon ibu mengalami kekurangan gizi yang cukup parah dan dapat mengakibatkan berisiko kehamilan.
 
3. Hemoglobin 

Hemoglobin bertugas mengirimkan oksigen keseluruh tubuh seperti halnya Ovarium dan Rahim. Jika kekurangan pengiriman oksigen ke dalam tubuh bisa membuat kualitas sel telur menjadi buruk dan menyebabkan sulit terjadi pembuahan.
 
Pada umumnya hemoglobin yang bagus memiliki kadar 12-16 gram per decilitre (g/dl). Jika HB di bawah 12, maka bisa disebut sebagai kekurangan zat besi dan jika di bawah HB 10,5 bisa di diagnose sebagai penderita Anemia.
 
Bagi penderita Anemia dapat berisiko mengalami komplikasi dan membuat melahirkan prematur atau bayi dengan berat badan rendah.
 
 
Itu tadi tiga hal yang perlu diperhatikan oleh calon pengantin wanita sebagai persiapan kehamilan. Jadi, sekarang kamu yang akan menikah dapat melakukan pola hidup sehat dengan makan yang bergizi dan rutin berolah raga.

Selain itu, untuk kamu yang akan menikah, bisa buat undangan pernikahan online dari sekarang dan bisa digunakan kapanpun di webnikah.com, GRATIS!



Sumber : lifestyle.kompas.com/edit

 




Berikan Komentar Via Facebook

Blogs Lainnya